='body-fauxcolumns'>

Tuesday 18 August 2015

Cara Memberi Warna Cell Atau Font Pada Microsoft Excel

Postingan saya kali ini adalah tentang bagaimana, cara memberi warna Cell dan Font secara otomatis pada lembar kerja Excel. Salah satu fitur yang dapat membuat warna secara otomatis, baik untuk pemberian warna pada Cell ataupun Font Huruf/Angka serta table. Kegunaan fitur warna ini memiliki fungsi yang lumayan penting biasa digunakan untuk menandai sebuah Cell atau Font sesuai kriteria yang diinginkan.

Fitur warna tersebut dikenal dengan nama Conditional Formating, letak fitur ini terdapat pada Tab Toolbars. Untuk lebih jelasnya, coba kita terapkan fitur ini pada contoh kasus Daftar Penilaian Siswa pada Excel berikut ini :
 

Dari table data diatas pada kolom Nilai Huruf, kita akan beri warna secara otomatis untuk kriteria huruf A, dengan warna Biru. Maka caranya adalah, blok kolom cell 17 sampai 116, lalu arahkan kursor ke Tab Toolbars Style, pilih Conditional Formating > Highlight Cells Rule > Text than Contains.
Seperti tampilan berikut :


Maka, akan tampil jendela Text That Contains, pada Format Cells that Contains The text tuliskan huruf A, dan pada bagian with pilih custom format.

Maka akan tampil jendela Format Cells, lalu pilih bagian Fill dan pilihan warna Biru.
Klik Ok.



Maka, pada lembar kerja Excel, dibagian Nilai Huruf dengan kriteria Huruf A, kolom cell-nya akan berganti warna Biru.

Dan kita bias lihat hasilnya, bahwa Nilai Huruf Kriteria A, pada kolom cell-nya berwarna Biru. Selanjutnya, untuk menandai Nilai Huruf B dengan warna Kuning, dan Nilai Huruf C dengan warna Merah, bias dilakukan dengan cara yang sama, melalui Conditional Formating > Highlight Cells Rule > Text than Contains. Hanya pada Format Cells, bagian Fill bisa  memilih warna sesuai dengan kriteria nilai. Maka akan didapatkan hasil seperti berikut: 


Dengan adanya tanda warna tersebut, lebih mudah untuk kita mengetahui kriteria nilai huruf berdasarkan warna. Tentunya cara ini sangat mudah, bukan? Semoga Bermanfaat.. ^_^