='body-fauxcolumns'>

Monday 14 July 2014

[Review] SIC Kiwami Tamashii Try Chaser 2000 Vol. 27


S.I.C Kiwami Tamashii Try Chaser 2000
Release     : Februari 2013
Production : Bandai

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang ulasan salah satu koleksi milik Agan Aris Wiraatmaja, yaitu Action Figure dari jenis S.I.C. Mungkin untuk mengetahui tentang apa itu S.I.C bisa dibaca pada postingan saya sebelumnya disini. Koleksi Action Figure yang akan saya ulas disini adalah S.I.C Kiwami Tamashii Try Chaser 2000.

OK, Berikut ini pembahasannya yang saya salin dari blog beliau :

Belajar dari pengalaman bagaimana malasnya saya membuat review setelah sekian lama hands on (biasanya cari mood dulu baru bisa foto-foto), akhirnya saya sempatkan juga untuk membuat review untuk salah satu barang yang saya dapatkan kemarin. 
Review

Try Chaser 2000 adalah nama dari sebuah sepeda motor dengan desain mirip motor trail yang menjadi trademark dari Kamen Rider Kuuga. Menurut serial filmnya , Try Chaser 2000 adalah satu bentuk dukungan dari kepolisian Jepang untuk mendukung aksi Kuuga (Yuusuke Godai) dalam beraksi menghadapi para Gurongi.
 
Jika membandingkan dengan koleksi motor seri Kiwami Tamashii yang saya punya sampai saat ini, packaging pada SIC Kiwami Tamashii Try Chaser ini jauh lebih kecil dari box seri motor lainnya, ukurannya hampir setengah dari box SIC Kiwami Tamashii Machine Tornador yang juga baru saya dapatkan kemarin. Seperti pada box figure Kamen Rider Kuuga Mighty form , box pada Try Chaser 2000 dibalut dengan 2 kombinasi warna: merah dan hitam. 

Packaging didalamnya juga menggunakan 2 buah blister yang membuat figure dan aksesoris didalmnya tidak mudah jatuh atau bergeser.



Aksesoris yang diberikan pada figure ini berupa sepasang tangan menggenggam yang juga ditujukan untuk memegang stang motor maupun stang motor dalam bentuk menyerupai pedang, stand pengunci roda belakang untuk membuat figure motor ini bisa berdiri dengan sempurna dan sebuah pedang yang memiliki pegangan seperti stang motor.  


Satu hal yang membuat saya kecewa terhadap Try Chaser ini adalah berbedanya warna punggung tangan bawaan dari figure Kuuga Mighty dengan sepasang tangan menggenggam dari Try Chaser. Punggung tangan pada Kuuga Mighty dan pergelangannya memiliki warna merah yang selaras sedangkan pada Try Chaser punggung tangannya berwarna agak merah muda (lihat perbandingan pada gambar ketiga diatas : kiri - tangan terbuka dari Kuuga Mighty & kanan- tangan menggenggam dari Try Chaser).



Detail dari motor Try Chaser keluaran seri Kiwami Tamashii ini memiliki detail yang sangat akurat, bentuk dan detail mesin seolah menirukan bentuk mesin dari sepeda motor asli lengkap dengan gimmick rantai yang menghubungkan roda belakang dengan mesin. Tidak ketinggalan juga logo Kuuga yang tercetak jelas pada bagian badan mesin, lalu pemilihan yang tepat untuk warna lampu depan pada motor yang membuatnya terkesan menyala begitu diterpa sinar lampu ataupun dari sinar matahari dan adanya standar pada bagian bawah motor yang dapat dilipat kebawah jika anda menginginkan Try Chaser untuk berdiri secara natural tanpa adanya bantuan dari stand bawaan. 


Pada bagian bawah Try Chaser terdapat sebuah lubang yang dapat disambungkan dengan stage act eksklusif yang didapat dari figure Kuuga Mighty. Hal minor lainnya yang membuat saya tidak puas dari Try Chaser ini selain pada part tangan yang belang/berbeda dari bawaan Kuuga Mighty sebelumnya adalah: terlalu polosnya panel spedometer pada figure berbentuk motor ini.  




Stang motor pada sebelah kanan dibuat berbeda warna mengikuti aksesoris stang yang sudah dalam bentuk menyerupai pedang. Seingat saya dari serial Tv nya, penggunaan stang motor sebagai senjata ini membuat Kuuga bisa mengakses kekuatan Kuuga Titan Form dimana stang motor akan berubah menjadi pedang yang biasa digunakan oleh Kuuga Titan Form.  


Pros & Cons 

+ Detail secara keseluruhan cukup bagus, akurasi detail seperti mesin dan beberapa detail yang ada di serial Tv dimunculkan dengan cukup akurat.

+ Improvisasi seri motor kiwami tamashii dengan menambahkan lubang yang dapat dihubungkan dengan stage act semakin memperluas pose-pose heroik Kuuga dalam mengendarai Try Chaser 2000. 

+ Harga menurut saya relatif berdasarkan dari beberapa sudut pandang. Positifnya adalah : jika anda penggemar berat Kuuga maka Try Chaser 2000 ini layak anda miliki untuk menambah pose-pose keren nan heroik lainnya yang siap anda abadikan dengan kamera ataupun dipose hanya untuk dipajang saja di lemari koleksi anda  apalagi mengingat aksi Kuuga di Tv yang selalu memanfaatkan motornya dalam membasmi Gurongi yang bisa saja menginspirasikan anda dalam membentuk posenya.

- Seperti yang telah saya katakan diatas, minor problemnya untuk figure ini adalah : sepasang tangan mengenggam yang berbeda warna dari bawaan Kuuga Mighty walaupun hal ini tidak terlalu terlihat ketika sepasang tangan menggenggam tersebut digunakan untuk memegang stang motor atau memposisikan tangan pada figure kuuga dengan benar ketika memegang senjatanya dan terlalu polosnya panel spedometer pada Try Chaser 2000 (hal ini lagi-lagi tidak akan terlihat dengan jelas, karena kebanyakan orang justru lebih sering memotret dari depan secara keseluruhan ketimbang memotret pada satu detail tertentu).

- Negatifnya dari segi harga : terlalu mahal untuk seri motor yang minim fitur transformasi terlebih lagi fitur transformasinya malah dijual terpisah.



Conclusions

Saya pribadi sejujurnya bukan penggemar serial Kuuga, namun tuntutan ingin memperluas pose heroik dari figure Kuuga Mighty ini menjadi salah satu pemicu mengapa saya membeli figure ini , alasan lainnya adalah karena kebetulan dapat murah dan sedikitnya saya juga berharap kedepannya bisa memboyong limited Gouram untuk mengupgrade Try Chaser ini. 

Seri kendaraan Kiwami Tamashii sejauh ini tidak pernah menunjukan sisi imajinatif seperti yang diimplementasikan pada figure humanoidnya, namun gantinya adalah detail dan akurasi yang tidak kalah keren untuk figure sekecil ini dan bisa didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Hal lainnya yang menarik dari Try Chaser ini adalah figure ini merupakan salah satu dari beberapa seri kendaraan yang memulai debut rilisnya justru di lini Kiwami Tamashi sementara di lini SIC belum rilis sama sekali (secara official).

Terlepas dari kekurangan yang sebenarnya tidak mungkin akan sangat jarang terekspos , SIC Kiwami Tamashii Try Chaser ini cukup layak dimiliki dengan beberapa alasan kuat yang mungkin membuat anda tertarik membelinya, beberapa alasan diantaranya adalah: 
  • Jika anda mengoleksi para rider utama dan kebetulan hampir memiliki kendaraan dari setiap rider maka Try Chaser yang merupakan trademark dari Kuuga sangat layak anda miliki untuk dipose sejajar dengan kendaraan rider lainnya.
  • Jika anda termasuk kolektor yang  ambisius mengoleksi setiap figure yang dirilis di lini Kiwami Tamashii maka membeli Try Chaser adalah salah satu syarat alternatif (syarat lainnya adalah dengan membeli limited Beat Chaser) untuk mengupgradenya menjadi Try Gouram jika anda juga membeli limited Gouram.
  • Jika anda kebetulan adalah fans dari Kuuga, sudah barang tentu figure ini wajib anda boyong, terlebih lagi apabila anda termasuk seorang completist collector dan lagi seperti yang saya bilang diatas,  secara official seri motor untuk Kuuga hanya rilis di lini SIC Kiwami Tamashii saja sedangkan regulernya belum.
  • Dan beberapa alasan lainnya yang lupa saya tulis disini.
Oke , sekian dari review figure kali ini, semoga menjadi inspirasi untuk para pembaca yang ingin menambah koleksi maupun baru memulai koleksi.