='body-fauxcolumns'>

Sunday 6 April 2014

Apa itu Action Figure?

Action Figure (dibaca eksyen figur) adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi. Action figure ini sering dipasarkan memang untuk anak lelaki. Action figur yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) sebagai sebuah perbedaan dari action figur yang pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah dicetak.

Action figure sangat terkenal dikalangan anak lelaki karena mereka melambangkan suatu sifat maskulin. Awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak, kemudian action figure telah berkembang menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksikan secara spesifik untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang yang dipandang secara cermat adalah mainan yang semata-mata hanya untuk dipajang.

Macam-macam Figure :

1. METAL FIGURE
Figure yang dibuat dari bahan White Metal. Biasanya berupa diorama dari Military Model. Dengan adanya Metal Cast sekarang ini, model semacam ini bisa diperbanyak dengan mudah, karenanya ada juga garage kit yang menggunakan bahan White Metal. Figure macam ini juga sering dipakai dalam TRPG (Table Talk Role Playing Game). Seri terkenal dari jenis ini : Warhammer, Dungeon & Dragons.

2. FIGURE STATUE
Figure yang bahannya bisa dari resin, PVC, metal, dan berbagai bahan lainnya. Yang menjadi ciri khas dari figure jenis ini adalah tidak adanya sendi pergerakan dan fungsinya lebih sebagai pajangan. Ada yang dijual sudah utuh dan ada juga yang harus dipasang terlebih dahulu dan dicat. Seperti garage kit yang menjual statue dalam bentuk potongan badan yang harus kita lem sendiri. Biasanya mengambil model tokoh dalam film, anime dan manga. Seri terkenal dari jenis ini : RAH DX (Robot Animation Hero & Heroine), Garage kit.

3. VENDING MACHINE FIGURE
Figure yang dijual di vending machine yang bisa ditemukan di supermarket, Toko Game, dan Toko Anime, Toko umum lainnya yang menyediakannya, disebut juga dengan Gachagacha atau Gachapon. Biasanya berupa kapsul plastik berisi figure. Dibuat dari bahan dasar karet dan menjadi barang koleksi yang sangat terkenal. Belakangan ini juga dijual di convinience store tidak dari vending machine tapi langsung dijual satuan, dari situlah muncul istilah Trading Figure. Trading Figure biasanya dijual dalam betuk kotak di mana kita tidak akan tahu figure apa yang kita dapatkan di dalamnya. Seri terkenal dari jenis ini : Gachapon, Trading Figure.

4. ACTION FIGURE
Figure yang dapat digerakkan kaki, tangan atau bagian tubuh yang lainnya. Di Jepang, figure yang dapat digerakkan dengan bebas sering disebut dengan Full Action Figure. Contohnya : RAH. Seri terkenal dari jenis ini : SOC (Soul of Chogokin), SIC (Super Imagination Chougokin), Rah (Real Action Heroes).

5. SOFT VINYL
Figure yang dibuat dari bahan dasar polyvinyl chloride (PVC), campuran dari plastik dan chloroethylene. Figure yang biasa disebut dengan Sofbi / Solvi memiliki tubuh dengan bagian dalamnya berupa rongga udara sehingga bisa mengambang di atas air. Dulu menjadi populer karena figure Godzilla dan beberapa monster lainnya kebanyakan dibuat dalam bentuk figure macam ini. Kini, tidak hanya monster, banyak juga karakter manusia yang dibuat Sofbinya, sebagai contoh Sofbi Kamen Rider atau Super Sentai. Memiliki sambungan yang disebut dengan "Aigi" pada pangkal lengan, kaki, atau pinggang yang bisa digerakkan. Walau begitu Sofbi tidak dikategorikan sebagai Action Figure karena gerakannya yang sangat terbatas. Sering juga dijadikan sebagai Prize item dari mesin pengambil hadiah di beberapa game center. Seri terkenal dari jenis ini : Sofbi Damashi.

6. DOLL
Sebutan Doll diambil dari sebutan orang Eropa terhadap mainan berbentuk manusia. Di Jepang, yang termasuk ke dalam kategori Doll adalah figure yang memiliki sendi pergerakan yang sangat banyak, pakaian yang dapat dilepas dan biasanya terbuat dari kain, dan rambut dari bahan khusus. Doll pertama kali diperkenalkan dalam dunia figure Jepang melalui Super Dollfie. Seringkali ada kerancuan arti dengan Full Action Figure karena seringkali Full Action Figure dikategorikan sebagai Doll juga dan bisa dibilang sulit menemukan perbedaannya. Seri terkenal dari jenis ini : Super Dollfie, Rika-chan.

7. SHOKUGAN FIGURE
Singkatan dari "Shokuhin Tsuki Gangu", Character figure yang biasa disertakan bersama makanan. Kaiyodo menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan figure macam ini. Biasanya dulu berupa miniatur binatang, dan alat-alat rumah tangga , tapi ada juga miniatur kendaraan perang dan berbagai miniatur yang masuk ke dalam kategori Military Model. Seri terkenal dari jenis ini : Chara Egg.

8. FIGMA
Figma (フィグマ) adalah Action Figure dari jepang yang diproduksi oleh Max Factory dan didistribusikan oleh Perusahaan Good Company, kebanyakan figure-figurenya adalah karakter Bishoujo dari anime-anime dan sering-nya adalah bentuk dari karakter-karakter yang sudah tampil di anime ataupun game Jepang.
Figma pertama adalah Haruhi Suzumiya edisi spesial yang ter-bundle bersama game PS2 : Suzumiya Haruhi no Tomadoi pada tanggal 31 Januari 2008.
Figma terdiri atas 3 kategori yaitu :
1.      Edisi Normal dengan tiga digit kode angka seperti: 001.
2.    Edisi Spesial dengan tiga digit kode angka dan didahului dengan SP seperti : SP001 biasanya dengan kode ini Figma akan ter-bundle dengan Manga, DVD atau Game-nya.
3.    Edisi terbatas dengan tiga digit kode angka dan didahului dengan EX seperti EX001 Figma-Figma ini biasanya hanya dijual pada saat acara-acara tertentu.

9. NENDOROID
Nendoroid (ねんどろいど) adalah suatu merek figure kecil dari plastik dari Good Smile Company jepang, Nendoroid biasanya adalah replika dari anime, manga dan game dan biasa digunakan untuk koleksi atau hobi, dirilis pertama pada 2006.
Normal nya Nendoroid dibuat dengan ukuran kecil atau chibi (biasanya sekitar 10 cm) dengan kepala yang lebih besar dari badannya agar tampak lucu, bagian tubuh dan wajah mereka bisa diubah dan memberi kesan, postur dan barang yang mereka pegang berbeda-beda.

10. SHF & SIC
SHF atau Simple Heroic Figure adalah standar baru action figure yang dipersembahkan seni dari Bandai design technology, didesain mirip dengan mimik serta bentuk tubuh manusia, biasanya tingginya sekitar 14cm.
S.H.F berasal dari kata Simple style and Heroic action Figure Arts. Memiliki motto standar baru Action Figure dengan seni yang mengacu pada pendekatan ekspresi karakter melalui aksi gerak tubuh manusia sebenarnya. Hal ini yang membuat SHF dapat digerakkan secara bebas dan bahkan dapat se-ekstrim karakter sebenarnya.
SHF memiliki ukuran standar 1:12 atau sekitar 14cm, yang memungkinkan untuk digabungkan dengan Die-Cast motor berukuran 1:12.
S.I.C atau Super Imaginative Chogokin adalah series yang indah dan elegan dibuat oleh Takayuki Takeya dan Kenji Ando lebih dari figure, mereka adalah seni dibuat dari empat prinsip dengan memanfaatkan Bahan Baru, Kualitas Tinggi, Nilai Mainan serta Originalitas.