='body-fauxcolumns'>

Saturday 18 October 2014

[Review] SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Kuuga Rising Ultimate Vol.26

SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Kuuga Rising Ultimate Vol.26

Release : December 2012
Production : Bandai

Setelah saya mengulas tentang S.I.C Kiwami Tamashii Try Chaser 2000, kali ini saya akan mengulas lagi salah satu koleksi milik Agan Aris Wiraatmaja dan juga Agan Kevin Augi, yaitu S.I.C Kiwami Tamashii Kamen Rider Kuuga Rising Ultimate Vol.26.

OK,. Berikut ini pembahasannya yang saya salin dari blog beliau :

Dengan sedikit suntik-menyuntik racun akhirnya saya putuskan untuk memboyong figure ini dengan alasan ketika nanti saya pensiun lini figure ini, minimal saya memiliki wujud paling akhir dari seri Kiwami Tamashii Kuuga.

Review

Kuuga Rising Ultimate adalah perubahan tidak alami Kuuga dari dunia alternatif (Onodera Yuusuke) dengan bantuan dari sinar “Stone of Earth” (Batu Bumi) milik Pendeta Bishium yang tidak lain dan tidak bukan adalah adik dari Kadoya Tsukasa (Kamen Rider Decade), Kadoya Sayo. Wujud Rising Ultimate ini pula sering disebut sebagai potensial maksimum dari Kuuga Ultimate.


Box untuk figure ini menggunakan model baru yang diimplementasikan dari volume 24, Kuuga Mighty Form. Namun ukurannya jauh lebih ramping ketimbang volume 24 dan volume 25 (Decade) dikarenakan tidak mendapat aksesoris berupa stage act eksklusif, juga karena tidak adanya stage act, blister yang diberikan hanya 2 buah: 1 untuk menempatkan figure dan aksesoris, dan 1 lagi untuk menutup blister tersebut.


Aksesoris yang didapat untuk figure ini terkesan minim. 4 Buah tangan opsional (total 6), 1 penutup lubang pada pinggang belakang, dan kepala Rising Ultimate Kuuga versi Dark Eyes. Nilai plus untuk aksesorisnya adalah adanya kepala tambahan yang dapat diganti-ganti dan kolektor murah meriah seperti saya tidak perlu membeli 2 buah barang yang sama namun beda kepala (seperti pada versi Souchaku Henshin Figuarts / SHF nya).



Detail secara keseluruhan untuk figure ini sangat bagus. Berhubung untuk lini keluarga SIC, Rising Ultimate memulai debutnya justru pada sub lini keluarga SIC, yaitu SIC Kiwami Tamashii (SIC KT). Jilatan armor emas Rising Ultimate semakin membuat figure ini tampak garang dan keren walaupun dipose berdiri saja.




Penyakit abs joint yang terlalu pendek pada Kuuga Mighty sepertinya menular juga pada Rising Ulitimate Kuuga. Hal ini membuat pergerakan joint pada perut sangat terbatas, hanya bisa memutar ke kiri dan ke kanan. Namun dengan penampilan figure yang terkesan “bulky” ini, minor problem ini seperti tidak terlalu terlihat. Detail simbol huruf Linto digambar dengan cukup jelas. Detail pada sol sepatu kaki kanan memiliki symbol Kuuga namun pada kaki kiri terpampang jelas logo Bandai China (tidak terlalu bermasalah, karena utamanya kaki kanan lah yang dipakai untuk mengusung pose Rider Kick).


Jika anda memiliki SIC KT Vol.24 (Kuuga Mighty), anda bisa menggunakan stage act eksklusif, namun berhati-hatilah jika lubang pada pinggang Rising Ultimate Kuuga terlalu kecil karena ini sangat beresiko jika anda memaksakan memasang stage act langsung pada pinggang belakang, resikonya adalah lubang ini akan semakin besar dan penutup bawaan untuk figure nya menjadi longgar atau tidak dapat digunakan kembali. Solusinya adalah dengan menggunakan penutup bawaan dari Kuuga Mighty.



Sebagai pembanding dengan fogure Decade dan Kuuga Mighty, figure dari Rising Ultimate Kuuga memiliki postur tinggi badan yang tidak jauh berbeda. Lebih tinggi dari Kuuga Mighty namun tidak setinggi Decade, dan lagi ketiga seri yang mengusung box baru ini juga tidak lebih tinggi dari SIC KT sebelumnya.


Sebagai pembanding dengan fogure Decade dan Kuuga Mighty, figure dari Rising Ultimate Kuuga memiliki postur tinggi badan yang tidak jauh berbeda. Lebih tinggi dari Kuuga Mighty namun tidak setinggi Decade, dan lagi ketiga seri yang mengusung box baru ini juga tidak lebih tinggi dari SIC KT sebelumnya.




Menurut saya pribadi, penggunaan ball joint pada leher untuk mengganti kepala pada Rising Ultimate Kuuga jauh lebih mudah ketimbang square joint pada Decade, kita tidak perlu memastikan lubang mana yang dituju dan tidak perlu menekannya sekuat tenaga.




Pros & Cons


+ Detail dan artikulasi secara keseluruhan sangat bagus, setiap detail dibuat akurat dengan lining imajinatif ala SIC.
+ Merupakan debut pertama dan tidak ada di seri SIC Reguler, juga nama Rising Ultimate yang serasa eksklusif melampaui versi Ultimate nya.
+ Bonus kepala versi Dark Eyes.
+ Harga relatif murah.

    - Artikulasi pada perut sangat minim, pergerakan pada pangkal paha kanan juga sangat kaku (saya mendapatkan figure nya dengan kondisi seperti itu, semoga saja tidak ada yang bernasib sama dengan saya).
-      -  Seperti biasanya, penyakit jamak SIC KT adalah masih menggunakan ball joint untuk part tangan dan sekali lagi saya peringatkan pada para pembaca untuk tidak menarik paksa bila setelah membelinya figure ini masih lengket dengan catnya, karena bisa berakibat fatal seperti patah didalam.
-          -   Aksesoris minim, tidak adanya stage act ataupun efek tambahan.
 
Conclusion 

Secara keseluruhan, saya cukup puas untuk detail dan artikulasi figure pada SIC Kiwami Tamashii Rising Ultimate Kuuga. Kesan pendek memang cukup terasa bila disandingkan dengan seri Kiwami Tamashii dibawah volume 24, namun kesan keren dan sangar ini tetap saja menarik dimiliki apalagi jika anda memiliki SIC Kiwami Tamashii Decade, sudah sangat cocok diposekan bareng atau diposekan sedang berduel. Satu hal lagi, karena debut pertama kalinya di Kiwami Tamashii, form Rising Ultimate menjadi sangat “worth” untuk dikoleksi. 


[Review] Detail S.I.C. Kiwami Tamashii Kuuga Rising Ultimate 



Kamen Rider Kuuga adalah Kamen Rider ke-14 dari seluruh Series Kamen Rider dan Kamen Rider kepertama dari tahun Heisei (2000 dan seterusnya). Desainnya diambil dari Kumbang Rusa dan masih memiliki desain yang hampir mirip dengan Kamen Rider yang berasal dari Showa. Rising Ultimate adalah form ke terakhir dari Kuuga dan merupakan form terkuat yang dimiliki Kuuga. Kali ini saya akan membahas tentang Figure yang berasal dari line S.I.C. Kiwami Tamashii atau Super Imaginative Chogokindan dikeluarkan oleh Bandai. Berbeda dengan line aslinya (S.I.C.), S.I.C. Kiwami Tamashii berukuran sangat kecil.S.I.C terkenal akan kedetailannya yang terlihat mantap, menarik, dan unik karena desainnya jauh berbeda dengan yang aslinya. Dan jujur saya terkejut akan kedetailannya (ini figure pertama saya yang dari line S.I.C. Kiwami Tamashii) karena figure ini sangat kecil dibandingkan figure saya yang lainnya dan akan kedetailannya yang mantap walaupun figure ini ukurannya kecil.


Ini adalah bagian depan, samping, dan belakang dari figure ini. Ukirannya sangat bagus dan terlihat detail dengan warnanya yang tidak cacat. Bagian terpentingnya (menurut saya), matanya, juga sangat bagus walaupun ukurannya kecil. Semuanya terlihat sangat baik dari ujung kepala sampai ujung kaki. Beltnya juga terlihat sangat baik walaupun proporsinya kelihatan agak miring. S.I.C. memang terkenal akan kedetailannya, namun kadang memang sengaja dibuat tidak proporsional agar memiliki kesan unik dan organik. Hal inilah yang saya sukai dari S.I.C..



Uniknya juga, di bagian telapak kaki kanan dari Figure ini diberi ukiran tanda Kuuga sedangkan di bagian kirinya tidak. Hal ini adalah tambahan karena diacaranya, ketika Kamen Rider Kuuga melakukan serangan terakhirnya, akan keluar tanda Kuuga dari kakinya. Menurut saya, ini juga yang memberikan keunikan dari S.I.C. karena tambahannya yang menarik walaupun hal itu sangatlah kecil dan kadang suka dilupakan.



Figure ini memiliki artikulasi yang cukup baik. Karena joint-jointnya, figure ini dapat diposekan dengan baik. Sayangnya figure ini memiiliki satu kekurangan, yaitu pundaknya. Dikarenakan pelindung pundaknya yang terlalu besar, artikulasi lengannya menjadi terbatas dan agak susah digerakkan. 



Figure ini diberikan beberapa aksesoris. Terdapat dua tangan terbuka, dua tangan untuk signature posenya, satu penutup belt, dan kepala tambahan dengan mata warna mata yang berbeda. Masing-masing aksesoris diukir dan dicat dengan sangat baik. Yang saya sukai adalah bagian tanda yang ada di masing-masing tangan. Tandanya terlihat bersih dan rapih.


Chou Henshin!!

Bisa dilihat bahwa aksesoris tangan yang diberikan terlihat sangat baik dan rapih. Tangan mengacungkan jempolnya serta tangan perubahan formnya juga terlihat sangat baik.


 Sebelum

Sesudah

Ini adalah kepala tambahan yang sudah saya sebut tadi. Ukirannya sama persis dengan yang sebelumnya. Perbedaannya hanya terdapat di warna matanya. yang sebelumnya berwarna merah terang, menjadi berwarna merah tua dan gelap. Karena hal ini, kita dapat mengubah ekspresi dari figure ini seperti dari pahlawan yang baik dan cinta kebenaran, menjadi pahlawan jahat yang hatinya direbut oleh kegelapan.

 Sebelum
Sesudah

Penutup belt ini memberikan dua opsi, memposenya dengan stand atau tanpa stand. Lubang yang terdapat di belakang belt figure ini adalah lubang untuk memasang stand. Bila ditutupi dengan penutup belt, kita bebas memposenya tanpa stand dan figurenya tidak terlihat aneh karena terdapat lubang dibelakangnya.





Kesimpulannya : Figure yang sempurna bila ingin dipajang karena ukurannya yang kecil dan tidak mengganggu bila dipajang di meja kerja. Kekurangan bisa saya lihat hanya terdapat di bagian pundaknya saja. Sisanya, no comment. Saran saya, hati-hati bila ingin memainkan figure ini karena duri-duri di sekujur tubuhnya cukup tajam untuk membuat jari-jari anda sakit. Bila kurang suka, masih banyak lagi figure yang berasal dari S.I.C Kiwami Tamashii yang cukup keren dibandingkan figure ini. Sekian review saya dan sampai jumpa lagi!! ONORE DIKEIDO!!!