='body-fauxcolumns'>

Wednesday 29 October 2014

Menghilangkan Folder Reyceler

Komputer Anda sudah lumpuh terserang virus recycler? Tenang !
Pengalaman saya dulu, saat windows sudah lumpuh karena serangan virus recycler, saat itu juga semua tugas – tugas kuliah, file dan dukumen dalam hardisk ikut terhapus. Tapi tenang, sebenarnya pihak windows sudah memyediakan tools untuk mengatasi kejadian ini. Yaitu dengan cara “Backup or Restore Wizard”. Lokasi tools ada di C:\WINDOWS\system32. Bisa juga menggunakan fasilitas search pada saat anda berada di folder C:\ , klik "search" dan ketikkan kata “ntbackup” atau “backup”. Buka lalu klik next, pilih restore, pilih tanggal saat komputer Anda dalam keadaan oke (belum lumpuh karena virus recycler). Kemudian Restore. Komputer akan restart dan kembali pulih seperti tanggal sebelum lumpuh. Perlu diingat bahwa saat Anda merestore, semua file, pemasangan dan dokumen yang Anda buat setelah tanggal itu, akan hilang dikarenakan Tools tersebut mengembalikan keadaan windows secara utuh ke dalam tanggal yang Anda pilih. Misalkan Anda membuat file pada tanggal 10, komputer Anda lumpuh pada tanggal 10 juga. Sementara Anda akan merestore ke tanggal 7, maka file tersebut akan hilang. Paham? Semoga berhasil.

Apa itu Virus Recycler?
Virus recycler adalah sebuah virus yang tergolong dalam kelas virus tinggi, yang penyebarannya memanfaatkan fungsi Autorun pada PC kita. Biasanya banyak menyebar melalui flashdisk yang kadang digunakan untuk keperluan di komputer umum, seperti warnet dan sekolah yang tidak mempunyai proteksi antivirus. Virus ini bisa saja masuk ke hardisk kita apabila proteksi komputer kita lemah. Kalau hanya dengan proteksi antivirus lokal seperti Smadav belum bisa melindungi komputer Anda dari virus kelas tinggi ini. Serangan virus ini bahkan bisa menyebabkan Windows kita lumpuh dan mati total.

Apa ciri – ciri nya?
Buatlah windows kita agar bisa Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows terlebih dahulu. Caranya :
#1 Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows XP
Buka windows explorer atau MyComputer, Klik “Tools” , “Folder options” klik tab menu “View” kemudian pada "Hidden files and folders" pilih “Show hidden files and folder”, “Apply” lalu “Oke”.
#2 Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows 7
Buka windows explorer, disudut kiri atas klik "Organize", "Folder and search option" klik tab menu "View" kemudian pada "Hidden files and folders" pilih “Show hidden files and folder”, “Apply” lalu “Oke”.

Ciri – ciri virus itu sendiri bisa dikenali, yaitu muncul folder “Recycler” dan icon bernama “Shortcut” yang tidak bisa kita hapus secara manual (Shift+Del).

Bagaimana Cara Menghapus Virus Recycler?

#1 Menggunakan Antivirus
Sebenarnya sangat mudah jika Anda memasang Avast Premier Antivirus Full Crack pada PC Anda. Avast dalam keadaan sudah update, begitu flashdisk dicolok, Avast akan menscan,me-netuarilized dan mematikan virus recycler secara total. Menurut saya, ini antivirus yang paling ampuh. Selain itu, Anda juga bisa memasang License Key AVG All Version 2013 Full, meskipun belum bisa menonaktifkan secara permanen, tapi sudah cukup untuk memblokir penyebaran virus agar tidak memasuki hardisk.

Untuk Cara Menghapus Virus Recycler yang lebih simple, saya sertakan software gratis Portable Autorun Virus Remover Full. Silahkan download, klik kanan extract here dan buka. Cheklist sesuai keinginan Anda. Bisa scan flashdisk dan hardisk.

Klik gambar untuk memperbesar.
#2 Menghapus virus Recycler dengan CMD ( Command Prompt Windows)
Command Prompt adalah bahasa perintah pada windows.

a) Menghapus virus Recycler dengan CMD menggunakan Windows 7
1. Tampilkan folder yang tersembunyi terlebih dahulu. Cara lihat di atas.
2. Tahan tombol Shift pada keyboard dan klik kanan drive / flashdisk yang terinfeksi virus RECYCLER.
3. Pilih "Open command window here".

klik gambar untuk memperbesar
4. Ketikkan perintah attrib{spasi}-r{spasi}-s{spasi}-h{spasi}/s{spasi}/d.
Jadi nya seperti ini attrib -r -s -h /s /d kemudian tekan Enter.

klik gambar untuk memperbesar
Windows akan membuka folder Recycler dan Shortcut yang diinfeksi virus tersebut. Lalu mengeluarkan (memisahkan) folder/file asli dari folder shortcut.
5. Jika sudah selesai, minimize jendela CMD. Hapus folder shortcut ( folder asli jangan dihapus ) pada drive/flashdisk yang terinfeksi dengan cara tahan tombol Shift kemudian Delete. Konfirmasi Yes untuk menghapus.
klik gambar untuk memperbesar
6. Tutup jendela CMD.

b) Menghapus virus Recycler dengan CMD menggunakan Windows XP
1. Klik Start kemudian Run. Ketik CMD kemudian Enter.
2. Ketikkan kode "cd.." Kemudian Enter. Ulangi kode tersebut sampai menuju folder utama / akar (C:\>) Lihat gambar.

klik gambar untuk memperbesar
3. Ketikkan label drive / flashdisk yang terdapat virus tersebut. Contoh flashdisk saya G: berarti ketikkan "G:" kemudian Enter.
4. Sama seperti langkah ke 4 sampai 6 di Menghapus virus Recycler dengan CMD menggunakan Windows 7 (bagian atas).
Ingin copas? Mohon cantumkan sumbernya. Semoga  Cara Ampuh Menghapus Virus Recycler (Permanen) bermanfaat. Selamat mencoba tutorial dari Master Cyber

Cara Ampuh Lengkap Menghapus Virus Recycler (Permanen)