='body-fauxcolumns'>

Monday 21 July 2014

DVD-ROM Laptop Tidak Detect

Mengatasi DVD-ROM Laptop Gak Detect

DVD-ROM No Detect
Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kejadian seperti ini, dimana DVD-ROM yang ada dilaptop kita tidak bisa nge-detect. Ada dua macam masalah gak nge-detect tersebut yaitu :
  1. DVD-ROM tidak dibaca oleh system atau fisik drive tidak terbaca oleh BIOS
  2. DVD-ROM tidak bisa membaca data saat kita memasukkan DVD/CD
Terus gimana untuk mengatasi error seperti ini, agar data kita yang ada di DVD/CD bisa dibaca kembali...?, Oke berikut adalah cara-cara mengatasi masalah seperti ini :

A. Versi dari andhysukma.com

Menurut artikel dari website ini adalah dengan cara menekan secara perlahan/hati-hati fisik DVD-ROM itu kearah dalam (dalam keadaan laptop dimatikan), dengan asumsi bahwasannya slot konektor dari fisik DVD-ROM tersebut tidak terpasang dengan benar pada motherboard. Alasan yang dikemukakan cukup masuk akal yaitu kemungkinan selama ini pada saat pengoperasian telah terjadi getaran pada DVD-ROM tersebut, sehingga membuat konektor sedikit bergeser keluar pada motherboard laptop.

Menurut testimonial dari pengunjung situs tersebut yang pernah mempraktekkan cara diatas, hampir semua pengunjung berhasil dan merasa puas dengan cara diatas. Patut dicoba.

B. Versi dari eva-00.web.id

Menurut situs ini masalah terletak pada registry komputer yang tidak benar, padahal sudah berusaha dengan mengupdate driver dari DVD-ROM tersebut sebelumnya, namun DVD-ROM masih saja tidak nge-detect.

Berikut cara-cara memperbaiki registry komputer yang dikemukakan oleh situs ini baik pada OS Windows 7 maupun pada Windows XP, sangat disarankan untuk membackup terlebih dahulu registry komputer kita sebelum melakukan cara ini karna disini kita akan menghapus dua buah key (bagi yang belum tau gimana cara membackup registry Klik Disini, kecuali bagi yang nekat bisa langsung mempraktekkan langkah-langkah dibawah, haha) :
  1. Buka registry editor (Start > Run > Ketik regedit)
  2. Cari letak registry berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
  3. Pada kolom sebelah kanan delete dua buah key yaitu "UpperFilters" & "LowerFilters"
  4. Restart komputer/laptop kita
  5. Pemilik situs menyuruh kita berdo'a. Hahahahaha
Dari komentar yang diberikan pengunjung situs ini, tidak semuanya merasa puas karna ada beberapa yang pada saat mempraktekkan cara diatas, mereka tidak menemukan dua buah key yang dimaksud yaitu UpperFilters & LowerFilters tersebut. Masih patut dicoba daripada tidak melakukan usaha sama sekali.

C. Versi Saya Pribadi

Sebenarnya, kalo DVD-Rom lebih sering digunakan untuk memutar berbagai CD atau DVD Film, maka akan mengalami kelemahan pada optiknya,. Hal itu-lah yang menyebabkan, DVD-Rom tidak mampu lagi membaca program-program lainnya. Sehingga, mungkin hanya beberapa file saja yang dapat terbaca..

Nah, kalo kedua cara diatas gak ada yang berhasil, jangan di LemBiRu dulu ya,.(Lempar Beli Baru)..
Soalnya kemungkinan itu hanya terjadi kerusakan atau kelemahan pada Optik DVD-Rom nya.. Lebih baik ganti satu set Optik berikut DVD-Rom nya.. Harga satu set nya untuk tahun 2014 ini untuk yang Ori masih sekitar Rp 350.000,- , tapi kalo yang KW cuma Rp 280.000.. Saran saya, lebih aman beli yang Ori,.

Referensi : http://comdiot.blogspot.com/2012/11/dvd-rom-gak-bisa-baca-data.html