Dahulu
kala hiduplah seorang mantan pendekar, sehari-hari kegiatannya selain melatih
kungfu, semedi dan ada juga kegiatan lain yaitu koding. Koding? ya benar. Ini
adalah percakapan sang guru dengan salah satu muridnya yang tertarik kedunia
pemrograman.
Murid : “Guru!..susah
mana, belajar beladiri dengan pemrograman”
Guru : ”Sama-sama sulit
anakku. Belajar pemrograman seperti kita belajar beladiri.
Butuh ketekunan dan keseriusan. Seperti halnya belajar beladiri, kamu tidak bisa
sekali atau dua kali latihan terus jadi jago berkelahi”.
Murid : ”Terus..apa yang harus aku lakukan untuk belajar pemrograman?”
Guru : “Sama halnya juga belajar kungfu muridku. Kamu harus belajar kihon
(latihan dasar), bagaimana kuda-kuda yang baik. Latihan memukul,
menendang,menangkis.Setelah itu kamu bisa berlatih Ken (jurus)”.
Murid : “Apa kihon yang harus saya pelajari guru?”.
Guru : ”Kihon dipemrograman ada 3 yaitu pendifinisian variable,
percabangan dan perulangan. Ini berlaku ke semua bahasa pemrograman”.
Murid : ”Pendifinisian variable..apa itu guru?”
Guru : “Pendifinisian variable adalah dasar dari segala dasar di dunia pemrograman.
Pada dasarnya ada 2 jenis variable yaitu string dan numeric. String mewakili
huruf atau abjad sedangkan numeric mewakili angka. Cuma untuk proses
efesinsi dan memudahkan numeric dibagi lagi menjadi beberapa jenis.
Ada yang namanya integer yang mewakili bilangan bulat, ada juga float yang
mewakili bilangan pecahan. Ada juga double untuk bilangan integer yang lebih
besar. Masing-masing bahasa mempunyai nama dan jenis yang beda.
Pastikan kamu membaca kitabnya di bab variable”
Butuh ketekunan dan keseriusan. Seperti halnya belajar beladiri, kamu tidak bisa
sekali atau dua kali latihan terus jadi jago berkelahi”.
Murid : ”Terus..apa yang harus aku lakukan untuk belajar pemrograman?”
Guru : “Sama halnya juga belajar kungfu muridku. Kamu harus belajar kihon
(latihan dasar), bagaimana kuda-kuda yang baik. Latihan memukul,
menendang,menangkis.Setelah itu kamu bisa berlatih Ken (jurus)”.
Murid : “Apa kihon yang harus saya pelajari guru?”.
Guru : ”Kihon dipemrograman ada 3 yaitu pendifinisian variable,
percabangan dan perulangan. Ini berlaku ke semua bahasa pemrograman”.
Murid : ”Pendifinisian variable..apa itu guru?”
Guru : “Pendifinisian variable adalah dasar dari segala dasar di dunia pemrograman.
Pada dasarnya ada 2 jenis variable yaitu string dan numeric. String mewakili
huruf atau abjad sedangkan numeric mewakili angka. Cuma untuk proses
efesinsi dan memudahkan numeric dibagi lagi menjadi beberapa jenis.
Ada yang namanya integer yang mewakili bilangan bulat, ada juga float yang
mewakili bilangan pecahan. Ada juga double untuk bilangan integer yang lebih
besar. Masing-masing bahasa mempunyai nama dan jenis yang beda.
Pastikan kamu membaca kitabnya di bab variable”
Murid : “Kalau String sendiri
ada pembagiannya tidak guru?”
Guru : “String sendiri ada 2,
yaitu string sendiri, yang mewakili satu untaian kalimat dan ada yang namanya char yang mewakili karakter atau abjad.Jangan lupa. Kamu
harus belajar menggunakan string. Seperti cara menggabungkan string, mengambil
sejumlah string di posisi tertentu.”
Murid : ”Ada
hal-hal lain yang harus saya pelajari di bab pendifinisain variable?”
Guru : ”Masih ada muridku. Kamu harus belajar konsep Array yaitu variable yang disusun berdasarkan urutan indek. Dibahasa pemrograman yang modern sekarang ada juga yang namanya Collection. Kamu harus belajar itu juga. Oh ya, kamu harus bisa juga melakukan proses matematik seperti perkalian, pembagian atau penggurangan dengan tipe data numeric”.
Guru : ”Masih ada muridku. Kamu harus belajar konsep Array yaitu variable yang disusun berdasarkan urutan indek. Dibahasa pemrograman yang modern sekarang ada juga yang namanya Collection. Kamu harus belajar itu juga. Oh ya, kamu harus bisa juga melakukan proses matematik seperti perkalian, pembagian atau penggurangan dengan tipe data numeric”.
Murid : “Untuk kihon
percabangan dan perulangan gimana penjelasannya guru?”
Guru :”Percabangan adalah
proses menentukan suatu keputusan terhadap pilihan. Misalnya kalau hasil nya A
maka dia akan ke proses B sedangkan kalau hasilnya C maka yang di pilih adalah
D. Sintaknya biasanya dengan kalimat IF … THEN .. ELSE…. Pilihan
tidak hanya 2 buah bisa berapa saja. Karena itu kamu juga harus berlatih IF Bersarang. Sekalian itu ada juga SWITCH.
Kata Switch lebih mudah digunakan untuk pilihan yang lebih dari 2″.
Murid:”Kalau
perulangan, gimana penjelasannya guru..”
Guru : Perulangan sangat
diperlukan jika ingin mengeksekusi baris kode berkali-kali. Misalnya kita ingin
menuliskan kata “Halo!” 100 kali. Maka kita tidak perlu menuliskann 100x tetapi
cukup sintak For
1 To 100kemudian tulis kata “Halo!”. Ini juga
setiap bahasa pemrograman mempunyai sintak sendiri-sendiri.Ada juga While..DO. Sintak ini untuk melakukan perulangan untuk jumlah
perulangan yang tidak kita ketahui. Misalnya kita melakukan perulangan sampai
hasil yang kita ingin benar, sesuai yang kita harapkan.
Murid :”Terima kasih
penjelasannya guru, apakah dengan pengetahuan itu saya bisa langsung membuat
program”.
Guru:”Seperti
kataku tadi, koding itu seperi berlatih beladiri.kuncinya adalah berlatih dan
berlatih….”
Murid:”Kalo
pemrograman berorientasi object itu apa guru”.
Guru:”amitabha…saya
akan menjelaskan pemrograman berorientasi object setelah kamu selesai melakukan
latihan dasarnya. Ambilah salah satu kitab bahasa pemrograman dan berlatihlah
dengan tekun”.
Lalu sang murid pergi ke perpustakaan perguruan untuk meminjam kitab bahasa pemrograman, setelah itu pergi ke Mall untuk kredit laptop dan modem GSM untuk menemani semedinya.(Bersambung…)